3 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kamu Tes CPNS

0
218
Tempat seleksi tes CPNS di BKN (Badan Kepegawaian Negara). Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Hai Sahabat BIAS, sudah siapkah kamu menghadapi seleksi tes CPNS yang rencananya akan dibuka dalam waktu dekat ini? Sebenarnya apa sih yang harus dipersiapkan untuk menempuh tes CPNS? Berikut ada beberapa tips lancar menempuh seleksi CAT (Computer Asissted Test):

Pertama

Siapkan kelengkapan berkas untuk seleksi administrasi

Kedua

Siapkan mental baja seorang pejuang CPNS

Ketiga

Perbanyak do’a

Poin paling penting yang harus digaris bawahi oleh peserta seleksi CPNS adalah menyiapkan mental baja seorang pejuang CPNS. Kesiapan mental ini meliputi penguasaan materi ujian CAT (Computer Asissted Test) , latihan soal, dan kepercayaan diri. Tiga hal ini sangat penting karena orang yang hanya mempersiapkan pemahaman materi saja bisa jadi tidak lolos seleksi kalau kepercayaan dirinya terkapar tak berdaya di hari H.

Untuk penguasaan materi dan rutinitas latihan soal ujian CPNS ini bisa Sahabat ikuti di BIAS Education juga. Kenapa BIAS Education??? BIAS menyediakan program SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) bagi para Sahabat yang ingin memperdalam materi tentang ujian CPNS sekaligus memperbanyak latihan soal agar semakin lihai saat mengerjakan ujian yang sebenarnya nanti.

Baca juga: Jadwal Program Persiapan Tes CPNS…

Apa sih yang menakutkan dari SKD ini kok sampai butuh kepercayaan diri yang kuat? Gini nih Sahabat, banyak sekali orang yang ingin menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) datang dari segala penjuru negeri. Bahkan, orang yang sudah mendapatkan pekerjaan mapan di perusahaan swasta pun ada yang masih ingin berjuang untuk mengikuti seleksi CPNS ini. Ketika Sahabat naik kereta untuk menuju lokasi tes, bisa jadi semua penumpang kereta tersebut adalah peserta SKD pada hari itu. Belum lagi yang datang dari daerah-daerah lain.

Nah, kuncinya satu Sahabat, “Jangan Sampai Kalah Mental”, percaya diri sangat diperlukan saat nanti sampai di lokasi tes dan bertemu banyak sekali peserta dari berbagai daerah yang memperebutkan posisi yang sama. Biasanya, saat ngobrol sambil kenalan gitu Sahabat bakal ketemu sama orang yang menurut Sahabat jauh lebih hebat. Namun, kalau mental Sahabat menciut karena bertemu dengan orang yang lebih hebat yang memperebutkan posisi yang sama, maka Sahabat sudah tamat di tempat.

Jadi, sudah siapkah mental baja seorang pejuang CPNS-nya Sahabat BIAS?

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of