5 Jurusan yang cocok dan meyakinkan untuk anak Soshum

0
199
sumber: komunikasi.trunojoyo.ac.id

Hai Sobat Bias, sudah mendapatkan pilihan jurusan kuliah? Atau masih bingung milih yang mana? Tetap tenang ya, karena mimin mau ngasih tahu beberapa info untuk kamu yang anak soshum.

Ada beberapa jurusan yang mulai sepi peminat dan ada yang mulai rame, kenapa? Karena pengaruh perkembangan teknologi yang begitu cepat dan signifikan. Nah, mimin mau ngasih tahu nih, lima jurusan yang meyakinkan dan prospek ke depan.

1. Bisnis dan Manajemen

Pemerintah saat ini mendorong masyarakat untuk berwirausaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi khususnya dalam internet. Pemerintah diwakili badan kreatif sering mengadakan lomba bisnis dan pelatihan untuk memudahkan masyarakat memulai usaha.

Nah, untuk menunjang berwirausaha salah satu jurusan yang cocok adalah jurusan bisnis dan manajemen.

Jurusan ini dibutuhkan tidak hanya bagi yang berwirausaha perusahaan besar pun sangat membutuhkan alumni dari jurusan ini guna untuk membantuk dalam kebijakan strategis, menentukan strategi bisnis dan merencanakan sumber daya manusia.

2. Ilmu Komunikasi

Berkomunikasi ternyata ada jurusannya loh sobat, mengapa kok sampek ada sih? Banyak hal yang penting untuk disampaikan baik personal maupun perusahaan. Penyampaian yang seperti apa? nah, dalam ilmu komunikasi diajarin untuk menyampaikan pesan secara efektif dan efisien.

Dengan perkembangan internet dan dunia digital marketing, penyampaian dengan efektif sangan diperlukan. Banyak pengguna sosial media yang melihat konten berdasarkan ketertarikan dan dalam waktu yang cepat. Penyampaian yang efektif akan memungkinkan pengguna sosial media dapat mendapatkan informasi secara utuf dalam waktu singkat.

Dalam proses belajar di ilmu komunikasi banyak loh yang dipelajari, misalnya publik speaking, menulis berita, belajar membuat sebuah iklan bahkan belajar fotografi, desain dan animasi atau film. Kalo sobat bias mempunyai hobi dalam dunia media, cocok untuk kuliah di jurusan komunikasi.

3. Desain Komunikasi Visual

Berbeda dengan jurusan komunikasi, desain komunikasi lebih berfokus pada bagaimana sebuah karya desain bisa menyampaikan tujuan dengan baik dengan menggunakan visual yang bagus.

Mungkin kebanyakan orang menganggap bahwa jurusan ini akan sepi peminat dan mempunyai prospek yang kurang bagus ke depannya. Anak Desain Komunikasi Visual (DKV) lebih terlihat urakan atau nggak jelas, padahal lulusan jurusan DKV memiliki lapangan kerja yang sangat luas.

Di jurusan ini akan banyak mempelajari desain baik secara cetak maupun digital, ilustrasi, fotografi, animasi dan website. Banyak perusahaan mencari lulusan DKV mengingat sekarang di era industri 4.0 semua serba digital. Dan dalam dunia digital, aspek grafis dalam website atau tampilan sangan diperhatikan.

4. Ekonomi

Dalam setiap aspek yang berhubungan dengan keuntungan sebuah instansi akan bersinggungan dengan ekonomi. Nah, bagi sobat bias yang suka dengan aktivitas yang berhubungan dengan wirausaha, perdagangan, jurusan ini akan sangat cocok sekali.

Rata-rata semua perusahaan baik kecil ataupun besar akan membutuhkan lulusan dari jurusan ekonomi. Dalam jurusan ekonomi akan diajari banyak hal yang dibutuhkan oleh pasar kerja. Itulah mengapa jurusan ini termasuk yang paling populer dari anak soshum.

5. Bahasa

Di era digital tulisan yang aktual, efektif dan mempunyai infomasi yang akurat akan banyak disukai oleh pengguna sosial media. Generasi milenial lebih menyukai tulisan yang tidak terlalu panjang namun informatif. Kemampuan menulis seperti ini akan banyak dipelajari di jurusan bahasa.

Dalam proses belajarnya akan diajari tata bahasa yang baku, efisien dan sesuai dengan kaidah yang ada. Dengan lulusan yang mempunyai tulisan yang bagus, akan banyak perusahaan besar yang membutuhkan khususnya untuk media konvensional atau digital dan untuk copy writing dalam pemasaran produk perusahaan.

Bagaimana sobat Bias? Apakah kelima jurusan ini sesuai sama passion kalian?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of