Belajar Mudah dan Efektif di Era Milenial

0
306
belajar efektif dengan presentasi
belajar efektif dengan presentasi

Hai Sobat Bias, apa kabar nih semoga semuanya dalam kebaikan.
Sebagai generasi zaman now atau biasa disebut milenial, kita dimudahkan dengan berbagai informasi yang dengan sangat mudah kita dapatkan. Tapi sadarkah kita jika hal itu juga menjadi tantangan yang juga tidak bisa kita remehkan. Hal itu akan sangat berpengaruh bagi kita yang masih dalam tahap belajar atau para pelajar. Karena itu menjadi penting bagi kita untuk mengetahui bagai mana cara belajar yang efektif di tengah banyaknya informasi di sekeliling kita.

Tugas utama seorang pelajar adalah belajar, sedangkan tugas guru adalah mengajar. Kedua pespektif tersebut sering kita temui di kalangan pelajar dan masyarakat. Bahkan guru ‘tradisional’ juga berprespektif demikian. Hal tersebut memang benar, tugas pelajar adalah belajar dan guru mengajar, tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa pelajar menganggap belajar adalah beban, bukan sebagai suatu kewajiban yang menyenangkan.

Pelajar merasa kesulitan dalam memahami materi setiap mata pelajaran di sekolah, belum lagi ketika ada pelajar yang dari awal merasa takut dengan pelajaran tertentu. Kasus di atas banyak di temui di kalangan pelajar Indonesia, mereka merasa kesulitan dengan cara belajar baik di sekolah dan mandiri. Lalu bagaimana upaya kita biar bisa belajar dengan mudah dan efektif?

Era milenial, mengubah prespektif dan metode belajar pelajar zaman now. Kini bukan hanya guru yang mengajar, tetapi pelajar diminta mengajar untuk belajar. Contohnya adalah pembelajaran di sekolah, siswa diminta untuk menyampaikan materi dan berdiskusi dengan teman atau siswa lain, kemudian guru menambahi dan meluruskan di akhir materi yang telah disampaikan siswa. Hal ini yang sering kita ketahui adalah metode belajar presentasi dan itu bisa menjadi alternatif belajar lebih efektif. Jadi siswa yang menyampaikan materi kemudian guru menambahi materi di akhir pertemuan.

Selain itu, metode belajar supaya siswa lebih paham adalah metode belajar teman sejawat. Siswa belajar bersama sebanyak satu sampai lima teman untuk belajar megupas tuntas materi dan soal, mereka bisa saling sharing dan berdiskusi tanpa malu satu sama lain.

Belajar dengan mengajar adalah metode milenial di dalam dunia pendidikan Indonesia supaya melahirkan generasi yang mampu untuk mengekspolasi pendapat dan pemahamanya. Seperti di sebutkan dalam hadis:

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang mau mencari ilmu dan mengamalkanya”

belejar efektif dengan mengajar
belejar efektif dengan mengajar

Jadi sudah jelas, bahwa belajar dengan mengajar adalah suatu yang sangat mulia. Sebelum manusia menemukan metode belajar teman sejawat dan presentasi, Allah terlebih dahulu menjelaskan melalui firmanNya. Masya Allah. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa hasil belajar dengan cara melalui mengajar lebih efetif di bandingkan belajar sendiri. Hal ini di karenakan otak yang selalu diperbarui menerima ilmu-ilmu baru dari orang banyak. Sehingga proses belajar melalui mengajar adalah metode paling cepat dan efektif untuk memahami materi pembelajaran di sekolah.

Otak manusia akan selalu berputar dan otomatis memperbarui pemikiran atau ilmu-ilmu baru ketika kita saling belajar dengan mengajar. Kita akan lebih banyak berpengalaman baik dalam urusan ilmu pengetahuan dan sosial. Selain belajar materi, kita juga belajar untuk bagaimana memperlakukan lawan diskusi kita. Sehingga belajar dengan mengajar memberikan pengalaman pembelajaran baik secara IQ dan SQ dengan baik dan cepat. Kesimpulanya, belajar dengan mengajar adalah metode yang efektif untuk belajar siswa lebih memahami materi di sekolah. Contonya seperti presentasi, belajar kelompok, berdiskusi, dll.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of