Esai untuk Seleksi Mandiri UI

0
116
Esai SIMAK UI
Ilustrasi mengerjakan latihan soal. sumber: cnnindonesia.com

Bercermin dari negara-negara yang sudah menerapkan hal ini, banyak diantaranya yang meminta hasil tulisan esai berkaitan dengan pengalaman atau pemikiran calon mahasiswa. Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia Rifelly Dewi Astuti juga menyampaikan bahwa esai digunakan untuk melihat soft skill dan pemahaman kehidupan dari calon peserta didik. Artinya, tema esai yang akan dipakai tidak akan jauh-jauh dari pengalaman hidup kita. ada beberapa tips menulis esai untuk seleksi mandiri UI.

Tips Menulis Esai

  1. Perhatikan baik-baik tema yang diminta. Baik spesifik atau bebas, tema akan menjadi rambu-rambu besar untuk kita dalam menulis esai. Jangan sampai redaksi yang kalian pakai sangat amazing hingga bisa menarik perhatian pembaca esai, tetapi tulisan kalian melenceng dari tema yang diminta.
  2. Perhatikan penunjuk pengerjaan yang diberlakukan, seperti waktu pengerjaan (SIMAK UI waktu dibatasi 45 menit). Jika esai dikirim melalui surat elektronik, maka jangan sampai mepet deadline ya! Selain waktu, petunjuk mengenai jumlah kata juga harus kalian perhatikan dengan baik.
  3. Buatlah kerangka sebelum memulai menulis! Kerangka akan berguna dalam menentukan gagasan-gagasan yang disampaikan pada setiap paragraf.
  4. Esai yang baik akan memperhatikan gagasan utama pada setiap paragraf. Biasanya gagasan utama akan tertuang pada awal paragraf atau menerapkan sistem deduktif.
  5. Pastikan esai yang kalian tulis diakhiri dengan paragraf konklusi yang merangkum gagasan kalian.
  6. Hal yang harus dihindari adalah penggunaan bahasa kias (majas). Bagi kalian yang mencintai dunia sastra akan sedikit sulit jika diminta menulis tulisan yang bersifat ilmiah. Selalu saja muncul bahasa-bahasa kias yang tidak diperbolehkan berada di tulisan ilmiah.
  7. Esai harus bersifat otentik atau nyata, tampilkan diri kalian atau tampilkan sudut pandang pemikirian kalian terhadap tema yang diangkat. Jangan meniru esai atau pemikiran orang lain terkait tema yang diminta.
  8. Cek! Cek kembali esai yang kalian tulis untuk menghindari typo, kata yang tidak tepat, kata yang berulang-ulang, dan lain-lain.

Selamat berlatih, sukses untuk semua Sobat Bias….

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of