Cara Mudah Menuju Kampung Inggris Pare

0
703
Sumber: internet

Banyak yang bertanya, “Kampung Inggris Pare itu di mana?” Ada lagi yang belum tahu soal transportasi yang digunakan buat ke Pare. Kali ini saya mencoba berbagi kepada teman-teman agar kalian sampai di Pare dengan selamat. Tentunya, dengan menggunakan sarana transportasi favorit kalian.

Bagi temen-temen pecinta transportasi darat khususnya bus dan kereta, keduanya memiliki kesaman, yaitu sama-sama buat kita sampai di Kampung Inggris, Pare (ya’eyaalahhhh :D). Nah, khusus untuk bus umum merupakan transportasi yang paling mudah mengantarkan kita sampai tujuan.

Berikut adalah bus umum yang trayeknya/operasinya melalui Kampung Inggris, Pare.

  1. Bus Rukun Jaya (kategori patas/harga nonekonomi), rute yang dilewati adalah Blitar-Surabaya (PP alias pulang pergi);
  2. Bus Harapan Jaya (kategori ekonomi, kebanyakan ber-AC), rute yang dilayani dari Tulungagung-Surabaya (PP) lewat Pare, kediri;
  3. Bus Hesti, sudah jarang akan tetapi masih tetap ada. Rute yang dilayani adalah Tulungagung-Surabaya lewat Pare, Kediri;
  4. Bus Bagong, (ber-AC, tarif biasa) rute yang melewati Kampung Inggris Pare adalah Malang-Kediri (PP);
  5. Bus Puspa Indah, (ber-AC, tarif biasa) rute yang dilewati sama dengan bus Bagong; dan
  6. Bus jarak jauh antarkota dan antarprovinsi, ada ekonomi maupun VIP sesuai kebutuhan, bisa turun Kediri ataupun Jombang.

Nah, kalian yang biasanya mabuk jika naik bus ataupun lebih suka naik kereta bisa kok menggunakan rute selain di atas. Berikut adalah stasiun yang bisa digunakan menuju Kampung Inggris, Pare. Sebelumnya, yang perlu teman-teman ketahui adalah jarak stasiun terdekat sampai Kampung Inggris berbeda-beda.

  1. Stasiun Papar, memiliki jarak 14 km dari Kampung Inggris, Pare. Kereta yang digunakan: KRD Doho dan KRD Penataran;
  2. Stasiun Kediri, jaraknya 20 km dari Kampung Inggris, Pare. Kereta yang digunakan beragam sesuai daerah pemberangkatan masing-masing; dan
  3. Stasiun Jombang, jaraknya kurang lebih 23 km dari Kampung Inggris, Pare. Kereta yang digunakan juga variatif sesuai pemberangkatan masing-masing.
Perjalanan Taru, member BIAS, saat naik pesawat ke Kampung Inggris Pare, Sumber: dokumen pribadi

Ada juga alternatif transportasi lain selain yang saya sebutkan di atas. Teman-teman yang berdomisili di luar Jawa dan menginginkan perjalanan yang tidak membutuhkan waktu lama, bisa menggunakan moda transportasi udara. Salah satunya pesawat terbang komersil. Sebagai catatan, jangan dikira di Kampung Inggris, Pare atau Kediri ada bandara. Saat ini belum ada bandara di daerah Kediri. Akan tetapi, dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan mungkin ada dan sekarang masih tahap perencanaan. (Amiin…)

Berikut, teman-teman yang tertarik menggunakan moda transportasi udara bisa mendarat di Bandara Juanda Surabaya; yang menerima kedatangan domestik ataupun international. Akses dari Juanda Surabaya ke Kampung Inggris Pare juga cukup mudah dan cepat. Kurang lebih 3 jam untuk mobil pribadi dan travel. Jika naik kendaraan umum, butuh waktu lebih lama untuk sampai tujuan.

Teman-teman juga bisa memanfaatkan moda transportasi laut untuk yang berdomisili di luar Pulau Jawa. Selaih tarif yang masih terjangkau, teman-teman juga bisa menikmati pemandangan laut Indonesia yang indah. Pelabuhan terdekat dari Kampung Inggris, Pare adalah Tanjung Perak, Surabaya.

Demikian tulisan ini saya buat semoga bermanfaat untuk para pembaca, pencari tahu, dan perindu Kampung Inggris, Pare. Semoga kita bisa bertemu dan berdiskusi di lain kesempatan, di Bias Education bimbel SBMPTN, kedinasan, TPA, SKD CPNS, dan tes masuk lainnya yang berada di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur. Sampai jumpa

 

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of