Tempat Wisata di Kediri; Jalan-jalannya Anak Kampung Inggris ke Mana Yaaa???

0
992
Tempat wisata di Kediri. Sumber: dokumen pribadi

Hai sahabat Kampung Inggris Pare…aku punya beberapa rekomendasi nih tentang tempat wisata di Kediri buat kalian yang sedang bingung weekend ini mau ke mana.

Apa sih sebenarnya yang ada di Kediri selain Kampung Inggris?? Simpang Lima Gumul??? Monumen yang mirip dengan Arc De Triomphe di Paris, Prancis itu…. Trus apa lagi yaa? Pantai? Jangan kira ada pantai deh. Kediri bukanlah daerah berpesisir.

Nihh… ulasanku untuk sahabat-sahabat Kampung Inggris tentang tempat wisata di Kediri. Ini dari pengalamanku sendiri sih…Daripada jauh-jauh ke luar kota yaaa, mending kita eksplore wilayah Kediri dulu gaes.., setelah itu baru menjelajah ke tempat wisata lain.

Sebenarnya banyak tempat wisata di Kediri yang murah dan rekomended buat dikunjungi. Tapi, karena di Kediri suasananya lebih ke pedesaan yang asri banget, kali ini aku akan ulaskan seputar kampung-kampung kreatif yang ada di Kediri buat kalian. Baiklah, aku antarkan kalian langsung ke Ngancar dulu ya gaess…

Ada Apa di Ngancar Kediri???

Ngancar adalah salah satu tempat wisata di Kediri yang sering banget dikunjungi. Kalian tahu Ngancar? Tempatnya adem dan edukatif lhoo..

Nah, Ngancar ini merupakan sebuah kecamatan yang berada di kawasan Gunung Kelud. Jaraknya 35 km dari Kampung Inggris. Kalian dapat menempuhnya dalam waktu 1 jam dengan menggunakan sepeda motor.

Boleh dibilang, Ngancar adalah sebuah gerbang menuju Gunung Kelud. Gunung yang melegenda dengan cerita Lembu Suro. Nggak tahu??? Bocoran dikit deh. Konon ada seorang sakti berkepala lembu yang patah hati dikhianati Putri Raja. Kalau kalian ingin tahu lebih banyak tentang cerita ini, nanti kalian juga bisa kok cari tahu sendiri kalau sudah sampai sana.

Sahabat Kampung Inggris, di kawasan Gunung Kelud ini aku menemukan 3 kampung kreatif yang sangat inspiratif buat anak-anak muda. Ini nih..rekomended banget buat meregangkan syaraf otak yang berminggu-minggu terisi full materi english.

Pertama, ke Kampung Nanas

Kampung Nanas ini merupakan tempat wisata di Kediri yang letaknya tepat di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, kabupaten Kediri. Nah, rutenya memang berdekatan dengan Kampung Indian dan Kampung Anggrek. Sehingga, ini cukup menguntungkan bagi wisatawan dari luar kota yang memilih rekreasi ke Kediri.

Menuju gerbang Gunung Kelud, sepanjang jalan kalian tak perlu heran jika menemukan hamparan kebun nanas. Unik sekali…, hampir seluruh warga Desa Sempu memiliki kebun nanas di depan, samping, dan belakang rumah. Hingga menjadikan nanas sebagai mata pencaharian utama mereka. Mulai dari jenis nanas yang biasa dijual di pasaran sampai nanas yang harganya lumayan mahal juga ada.

Mau tahu lebih banyak tentang kehidupan nanas ini??? Mulai dari cara penanaman, perawatan, pemanenan, penjualan, hingga pengolahannya menjadi berbagai produk??? Di Kampung Nanas, tempat wisata di Kediri, kalian dapat belajar lebih banyak.

Nanas madu atau Smooth cayeen yang lembut dan manis ada di tempat wisata di Kediri, sumber: dokumen pribadi

Ada nanas madu atau nanas Smooth cayeen asal Ngancar, yang memang sudah menjadi unggulan. Harganya lumayan mahal, 35 ribu per buah jika beratnya lebih dari 3 kg. Tapi tenanglah rasanya dijamin maknyussss bangetttt.

Rasa asamnya tidak terlalu dominan dan teksturnya tidak kasar seperti nanas yang dijual di pasaran. Yang paling penting, jenis nanas  yang satu ini tidak menimbulkan gatal-gatal di lidah lho. Ini kan… yang biasanya mengganggu penikmat buah nanas. Jika tidak tepat menghidangkannya, seringkali menimbulkan gatal dan ruam di lidah. Tapi itu tidak akan terjadi dengan nanas Smooth cayeen.

Bernama lain nanas madu, meski warna kulitnya masih hijau, tapi daging di dalamnya sudah bisa dimakan. Matang, kuning cerah, lembut dan manis. Orang yang makan nanas jenis ini tidak akan sariawan. Kelebihannya, kita tak wajib mencucinya dulu untuk menghidangkan. Ada manfaat lain kenapa tidak wajib dicuci, yaitu dapat mengurangi asam urat dan berkhasiat sebagai pengobatan penyakit dalam.

Nanas jenis ini memiliki level berdasarkan kualitasnya, yaitu jenis A, B, dan C. Cara penanamannya pun mudah. Butuh waktu 2 tahun dan tidak terlalu rumit cara merawatnya. Hanya asupan pupuk yang cukup saja (yaa mungkin ini karena faktor tanah Kediri yang subur juga yaa. Jadi, cukup mendukung buat menanam buah-buahan berkualitas).

Berkunjung ke Kampung Nanas, tempat wisata di Kediri, kalian akan ditunjukkan langsung kebunnya dan bagaimana proses panennya. Metik sendiri juga boleh lhooo, tapi kata Pak Sudarmono (33 th) pemilik kebun nanas, kalian harus hati-hati. “Resiko tangan sobek itu ada dan jika tetap ngotot ingin terjun ke kebun, perlu perlengkapan seperti celana yang agak tebal dan sepatu boot,” pesannya.

Nah, perlu teman-teman tahu, nanas termasuk buah yang ada di setiap musim. Jadi, bayangkan saja saat kalian berada di Desa Sempu. Jika setiap rumah menanam nanas, itu berarti setiap hari akan ada panen nanas di sana. Kerennn kannn. Jadi, warga Desa Sempu sudah akrab sekali dengan buah tropis yang satu ini. Hingga bermunculan banyak ide mengolah nanas menjadi berbagai usaha yang menarik. Yang paling favorit ada dodol nanas dan kopi nanas. Kopinya dibuat dari olahan kulit nanas lhooo. Ngerasa unik…, memang tempat wisata di Kediri ini wajib dicoba.

Demi pergerakan ekonomi dari produksi nanas, warga mendatangkan mesin, mengadakan pelatihan untuk membuat produk sari nanas, dodol nanas, kue nanas, dan kopi dari kulit nanas. Agar lebih profesional, mereka juga mengadakan kerja sama. Mereka bekerja sama dengan teman-teman dari Teknologi Tepat Guna dan Balitbang untuk meningkatkan kualitas produk-produk asli tempat wisata di Kediri.

Buah Kabocha hasil budidaya warga Kampung Nanas, tempat wisata di Kediri sumber: dokumen pribadi

Nah, di Desa Sempu, sedang dibudidayakan juga buah rambat bernama Kabocak. Seperti labu, berwarna oranye cerah dan ukurannya agak tanggung. Kaboca ini, sejenis labu-labuan baru di dunia pertanian. Rekomended juga nih buat oleh-oleh orang tersayang.

Kedua, ke Kampung Indian

Awalnya aku bertemu Mas Dimas di acara Pekan Budaya Kediri 14 Juli 2018 lalu. Rupanya Mas Dimas ini adalah partner dari Mas Joko Ibrahim, Si perintis objek wisata yang baru satu tahun kemarin dibuka di Desa Sempu. Wahhh, akhirnya ketemu para perintisnya langsung. Asyekkk…

Salah satu tempat wisata di Kediri yang paling terbaru ada di Desa Sempu. Sejak tahun 2017 kemarin ada namanya Kampung Indian. Nah, awalnya Mas Joko berpikir daripada jauh-jauh ke Amerika sana untuk melihat suku Indian, dibuatlah replika wisata bernama Kampung Indian. Tempat wisata di Kediri yang ini aku rekomendasikan buat kalian yang instagramable.

Melihat wilayah Gunung Kelud adalah segmen utama kunjungan wisata setelah Simpang Lima Gumul, membuatlah Bapak Joko perkampungan seni kreatif bersama seorang pengrajin. Akhirnya kini muncul Kampung Indian yang  turut meramaikan keberadaan tempat wisata di Kediri.

Bahkan Pak Joko menerawang kalau potensi Kediri ke depannya akan sama seperti Kota Batu, Malang, yang punya ratusan tempat wisata. Jadi wisatawan yang dari luar kota seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo, bisa langsung menemukan rute wisata selanjutnya ketika sudah berada di Kediri.

Mengunjungi stand Kampung Indian, tempat wisata di Kediri. Dokumen: pribadi

Suku Indian di Amerika, ada 14-20-an suku jumlahnya. Nah, adanya Kampung Indian, tempat wisata di Kediri ini, lumayan memberikan wawasan tentang peninggalan sejarah suku-suku yang ada di Amerika tersebut. Bahkan, bocoran nih, rencana ke depan akan dibuatkan monumen suku-suku Indian yang ada di seluruh dunia, termasuk suku maya, dan lain-lain. Instagramable banget pastinya….

Ini saja kata Mas Dimas belum sampai satu bulan, pengunjung sudah mencapai 15-25 ribu. Kalau dihitung setiap harinya per hari libur bisa mencapai 3-5 ribu wisatawan. Sebab, Kampung Indian sudah menjadi satu paket tempat wisata di Kediri bagi pengunjung luar kota. Wisatawan biasa menggunakan travel paket tempat wisata Kediri. Nah, nanti yang tujuannya ke Gunung Kelud pasti akan melewati Kampung nanas, Kampung anggrek, Kampung Indian, dan tujuan paling akhir pasti ke monumen Simpang Lima Gumul.

Kampung Indian, aku rekomendasikan buat kalian yang ingin cari tempat wisata di Kediri yang murah tapi tidak murahan. Tiket masuknya saja cuma 5 ribu rupiah dan kalian sudah mendapatkan fasilitas kolam renang, dan spot foto warna-warni rumah Indian yang seru. Ingin menyewa kostum lengkap suku Indian buat berswafoto juga bisa. Cukup membayar 5 ribu rupiah untuk sewa kostumnya sambil keliling ke Kampung Indian. sudah deh, lengkap mirip banget kayak orang Indian.

Keuntungan lebih kalau kalian datang ke tempat wisata di Kediri yang unik ini saat hari libur. Akan ada perjamuan seni tari dari suku Indian, suku Maya, dll. Nah, ini akan kita temukan tepat setiap Sabtu dan Minggu.

Mau juga sekalian belajar membuat berbagai kerajinan suku Indian? Mumpung di sini, belajarlah juga dengan Mas Ghofur dan Pak Belang. Pak Belang ini adalah seniman desain dari Kampung Indian yang kini dapat melokakaryakan warga Desa Sempu. Sekarang, grafik ekonomi Desa Sempu sudah mengalami 60-65 persen peningkatan. Dari segi sosial, ekonomi, dan budaya sudah ada peningkatan. Kalau ingin tahu, kalian bisa ke sana langsung.

Ketiga, ke Kampung Anggrek

Mbak Chusnul, tutor Bias Education saat mengunjungi Kampung Anggrek, tempat wisata di Kediri yang cantik. Sumber: dokumen pribadi

Sejuk, asri, dan nyaman. Ini yang membuat wisatawan betah berlama-lama di Kampung Anggrek, tempat wisata di Kediri yang cantik dipenuhi beragam bunga. Termasuk aku yang setahun lalu ke sana bersama keluarga. Letaknya tidak jauh kok, 100 meter dari Kampung Indian. Ternyata Mbak Chusnul juga sudah ke sana membuktikan kecantikan tempat wisata di Kediri ini. Beragam jenis anggrek, mulai dari cara penanaman, dan perawatannya aku rekomendasikan buat kalian yang suka menanam bunga. Nah, untuk tahu lebih banyak tentang Kampung Anggrek dan spot foto yang instagramable banget. Langsung aja eksplore ke Ngancar Kediri, tempat wisata di Kediri yang inspiratif dan edukatif.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of