Lebih Baik Mana, Teknik atau MIPA?

0
234
sumber: gulfcoast.edu

Lebih baik kuliah di teknik lah, karena sudah jelas kerjanya nanti di perusahaan”, “Kuliah di Mipa banyak pilihan tempat kerjanya.

Saya yakin, sobat Bias sering mendengarkan perdebatan kedua jurusan itu.

Lebih baik memilih yang mana? Sebelum memilih, sobat Bias harus tahu terlebih dahulu, alasan mengapa memilih jurusan tersebut. Jangan asal-asal ikutan loh ya….

Mimin mau ngasih pertimbangan nih, sebelum memilih kedua jurusan tersebut.

1. Passion

Terlepas dari pemikiran apapun, saran dari siapapun, minat atau passion adalah yang utama. Kuliah tidak hanya masalah belajar, ujian dan setelah itu lulus, tetapi lebih dari itu.

Banyak hal yang bisa didapatkan saat kuliah. Rencana dari sobat Bias, pengembangan apa yang ingin dimaksimalkan, kalau sesuai minat akan lebih cepat untuk didapatkan.

Keterpaksaan dalam memilih akan menyulitkan sobat Bias untuk belajar. Nah, sebelum memilih jurusan, sobat Bias usahakan memilih yang sesuai passion ya.

2. Cita-cita

Apasih cita-cita sobat Bias? Ekonom? Dokter? Atau Ilmuwan? Penting loh untuk mengetahui cita-cita yang diinginkan. Kuliah adalah salah satu sarana mewujudkan cita-cita sobat Bias. So, ketika memilih jurusan sesuaikan dengan cita-citanya.

3. Prospek Kerja

Dari keduanya yang manakah yang paling menjanjikan? Eits, tenang dulu ya sobat, jangan terburu-buru dalam menyimpulkan. Ada banyak hal arti kata dari menjanjikan ini. Beberapa berpikiran bahwa menjanjikan artinya mudah mendapatkan pekerjaan.

Nah, masing-masing mempunyai aspek kerja yang berbeda sobat, tetapi ada yang bersinggungan. Misalnya, jurusan Teknik Fisika dengan Fisika Mipa. Meskipun terkesan sama, namun mereka berbeda dalam ranah pekerjaannya.

Teknik Fisika lebih condong kepada industri sedangkan Fisika lebih kepada penelitian. Jadi, masing-masing mempunyai area sendiri-sendiri.

4. Jumlah Peminat

Manakah yang mempunyai peminat paling banyak? Sebelum memilih sobat Bias perlu mencari informasi jumlah peserta yang memilih jurusan tersebut. Jika memiliki ketetatan yang rendah, tentu akan lenbih mudah diterima.

Penting untuk diingat, memilih jurusan tidak hanya sekedar bisa ber-kuliah atau tidak, tetapi bagaimana jurusan yang dipilih sesuai dengan keinginan dan mempunyai manfaat yang besar.

5. Nasehat Orang Tua

Yap, Sobat Bias tidak salah. Nasehat orang tua adalah penting untuk kita jadikan pertimbangan. Selain dari pengalaman dari orang tua yang luas, keberkahan dari do’a orang tua kita akan sanggup mengantarkan Sobat Bias diterima di kampus impian. Aamiin.

Bagaiman sobat? Sudah punya gambaran mau kuliah dimana?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of