Manajemen Waktu Saat Tes UTBK SBMPTN

0
234
tes UTBK SBMPTN 2019
tes UTBK SBMPTN 2019

Setuju nggak sih Sobat Bias, hampir semua ujian terkesan menyeramkan? Termasuk UTBK.
Yep, alasannya adalah karena waktu. Bayangakan saja, dengan dibatasi waktu yang singkat kita harus bisa mendapat hasil maksimal sesuai harapan kita. Tenang! Semua akan baik-baik saja asalkan kita tahu strategi memanajemen waktu saat ujian dengan baik. Kira-kira manajemen waktu seperti apa ya yang bisa kita terapkan saat tes UTBK nanti. Berikut ini kami ulas strategi manajemen waktu khusus untuk kalian.

  1. Kelola Diri

Grogi, gugup, deg-degan, atau sejenisnya adalah hal yang wajar saat ujian. Pada bagian ini hal terpenting yang bisa kira lakukan adalah mengelola diri kita, jangan sampai rasa gugup berhasil menguasai diri kita. Kelola diri dengan cara mengatur nafas, menenangkan diri, meningkatkan rasa percara, yakin kita mampu menyelesaikan rangkaian tes UTBK Nanti. Semoga berhasil!

  1. Bagi Waktu

Semua pejuang tes UTBK pasti sudah tahu bahwa aturan masuk PTN tahun ini mengalami banyak perubahan. Mulai dari proesedur yang harus dilakukan untuk mendapatkan nilai hingga hal yang paling kecil, yakni pembagian waktu tiap sesi ujian.tes UTBK SBMPTNwaktu tes UTBK SBMPTN

Berikut rata-rata waktu yang kalian butuhkan untuk masing-masing soal yang diberikan. Rata-rata pada TPS (Tes Potensi Skolastik), setiap soal mendapat jatah pengerjaan 1,75 menit dan 1,25 menit. Berbeda dengan TKA (Tes Kemampuan Akademik), setiap soal bidang Saintek mendapat jatah pengerjaan 1,1 menit, sedangkan setiap soal bidang Soshum mendapat jatah pengerjaan 0,9 menit. Nah, kira-kira itulah yang bisa jadi pegangan untuk membagi waktu saat ujian nanti.

  1. Pantau Waktu

Terlalu fokus mengerjakan membuat kita lupa dengan waktu yang tersisa dan berakhir pada manajemen waktu yang berantakan pada saat tes UTBK nantinya. Sesekali lihatlah timer pada layar komputer atau bawalah jam tangan ke ruang ujian, supaya kita mengetahui waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal-soal. Eitss, tapi ingat ya, jangan terlalu sering melakukannya, bisa-bisa waktu kita habis hanya untuk memantau waktu.

  1. Tinggalkan!

Bila sampai satu menit berada pada soal yang sama dan belum menemukan titik terang jawaban yang pasti, maka tinggalkan terlebih dahulu. Berpindahlah pada soal berikutnya! Yakinlah ada soal-soal yang mudah diselesaikan. Jika waktu masih memungkinkan, kembalilah pada soal yang belum terjawab.

Demikian empat trik memanajemen waktu saat UTBK, jangan lupa selalu asah kemampuan kalian dengan cara berlatih soal. Jangan lupa, ukur kemampanmu melalui Scoring UTBK SBMPTN di BIAS Education.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of