Move On dari SNMPTN, Fokus ke Pendaftaran UTBK

0
337
try out CPNS kampung inggris pare kediri
sumber internet

Halooo Sobat Bias, gimana kabarnya?

Udah lebih dari pertengahan bulan Maret lo ini… bagi yang kemarin belum lolos pemeringkatan di sekolah dan tidak bisa mendaftar jalur SNMPTN cepet move on ya! Biar nggak ketinggalan pendaftaran UTBK. Hihihihi….

Oke, baiklah. Kali ini yang akan kita bahas adalah pendaftaran UTBK yang sudah di minggu terakhir yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Siapa di antara temen-temen yang udah mendaftar UTBK?
Bagi yang udah mendaftar UTBK (sekaligus udah membayar biaya pendaftaran) dan sudah mendapat kartu peserta UTBK, lanjut ke tahap selanjutnya ya… Apa itu? Ya jelas belajar yang rajin dong untuk persiapan.

Gini guys, walaupun pendaftaran UTBK berakhir pada 1 April 2019 (untuk gelombang yang kedua), saya sarankan untuk segera mungkin mendaftarkan diri, kalau bisa sekarang juga! Alasannya adalah lebih awal mendaftarakan diri¬† akan mempermudah kalian dalam mempersiapkan materi belajar untuk tes. Temen-temen yang sudah mendaftar secara otomatis mendapat kiriman kisi-kisi dan contoh soal UTBK dari lembaga terkait sehingga kisi-kisi tersebut bisa dijadikan dasar dalam persiapan tes nanti. Nah, makanya…. cepet-cepet aja buat daftar, jangan nunggu sampai batas pendaftaran berakhir.

Apalagi yang menunda daftar UTBK hanya karena belum bisa move on dari SNMPTN, adudududu rugi banget lo. Tenang tenang, dunia ngga bakal kiamat hanya karna kalian ngga lolos SNMPTN kok. Hihi….

Oke, kita kembali ke pembahasan awal ya! Peserta tes UTBK diberi kesempatan untuk mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali dan dapat menggunakan nilai tertinggi untuk mendaftar di jurusan yang diminati.

Eits… tapi jangan salah paham dulu, bagi peserta yang memilih mengikuti tes UTBK sebanyak dua kali, akan berhadapan dengan soal yang berbeda dengan tes sebelumnya, hanya saja bobot soal atau tingkat kesulitan sama. So, jangan menganggap kalau soal pada tes kedua akan sama persis dengan tes pertama yang sudah dilaksanakan. Pilihan yang ditawarkan LTMPT sebenarnya sangat menguntungkan bagi kita, apalagi ketentuan yang diberikan sangat fleksibel, yaitu peserta diperbolehkan mengikuti satu kali kelompok Saintek dan satu kali kelompok Soshum; atau kelompok Saintek 2 kali; atau kelompok Soshum 2 kali.

Selanjutnya, tahapan pendaftaran UTBK adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id atau https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id/ dengan menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.
  2. Memilih hari, tanggal, sesi, dan lokasi pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  3. Pembayaran di Bank Mitra, pembayaran harus dilakukan selambat-lambatnya 1 x 24 jam.
  4. Login kembali ke laman pendaftaran untuk mengisi data dan mencetak kartu peserta UTBK.
  5. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi pusat UTBK PTN yang dipilih.

Sekian dulu ya pembahasan terkait pendaftaran UTBK, inget move on, move on, move, on.
hihihihi….

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of