Pola Hidup Sehat Ala Pelajar di Tanah Rantau

2
450
Sumber Illustrasi: Hipwee

Sebenarnya, jika kita berbicara tentang kesahatan, akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Tetapi, saya akan merangkumnya menjadi dua hal saja. Begini yang harus teman-teman tahu….

Hidup sehat yang harus dilakukan para pelajar itu hanya ada dua sebenarnya, yaitu sehat jasmani dan rohani.

Mengingat banyak pelajar yang memilih jauh dari orang tua, maka menjaga pola hidup sehat itu sangat penting. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan terutama tentang kesehatan jasmani? Nah, ini penjelasan dari saya yang pelajar perantauan.

1. Sering berolahraga

Semakin kita berolahraga, maka cara kerja tubuh kita akan semakin cepat. Hal ini sangat berguna sekali untuk pelajar, karena dengan sering berolahraga, maka peredaran darah dalam otak akan semakin meningkat.

2. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan juga termasuk paling penting bagi kesehatan jasmani kita, apalagi sebelum KBM dimulai. Jika perut kita dalam keadaan lapar, maka akan menghilangkan konsentrasi kita saat belajar. Dan jika kita makan terlalu banyak, maka akan berujung pada kantuk yang nikmatnya tiada tara.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Yang dimaksud menjaga daya tahan tubuh adalah kita sering mengonsumsi vitamin, dan OMG 3. Karena dengan itu semua daya tubuh kita akan semakin kuat dan taraf belajar kita akan meningkat.

4. Membereskan tempat tidur

Memang ini adalah sesuatu hal yang sepele, tetapi jika kita memulai hari kita dari membereskan tempat tidur, maka selanjutnya kita akan tertantang untuk melakukan tugas-tugas selanjutnya.

 

Nah, ada yang lebih penting lagi, yaitu kesehatan rohani. Ini yang perlu kita jaga, di manapun kita berada.

1. Jaga lisan

Menjaga lisan adalah kebiasaan yang susah untuk dihilangkan. Karena lisan sangatlah ringan berbuat, ia bisa begitu mudah untuk digerakkan namun begitu sulit untuk dikendalikan. Maksiat yang ditimbulkan lisan nyaris bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan tenaga dan biaya.

2. Jaga mata

Banyak pemuda-pemudi sekarang salah mengartikan mencuci mata. Alih-alih mencuci mata dengan melihat pemandangan alam yang indah, ini malah  digunakan untuk meluhat wajah mains kaum hawa. Apalagi sampai terlontar dari sebagian mereka pemahaman bahwa memandang wajah manis para wanita merupakan ibadah dengan dalih, “Saya tidaklah memandang wajah para wanita karena sesuatu (hawa nafsu), namun jika saya melihat mereka saya berkata, “Maha sucilah Tuhan, Pencipta Yang Paling Baik.”

3. Jaga telinga

Menjaga telinga dari sesuatu yang fana itu sudah dilakukan semenjak kita lahir. Setelah kita masuk ke alam fana maka yang didengar kita pertama adalah lafadz ilahiyah. Seperti perkataan Imam Al-Ghazali :

“Hendaknya engkau menjaga telinga. Jangan dengarkan perkara bid’ah (fitnah), pembahasan hal ikhwal orang lain yang negatif, kata-kata jelek, perbincangan batil, atau bahasan tentang kejelekan-kejelekan orang lain.”

4. Jaga hati

Hati adalah bagian tubuh yang rawan untuk disakiti. Dalam hal ini, sesuatu yang dapat menyerang hati itu ada 3 : Iri hati, dengki, hasut, dan fitnah. Sebaiknya, kita jaga hati kita dengan kegiatan yang berguna seperti perbanyak dzikir, beribadah, dan tadarus Al-Qur’an.

Da sadaya kasaen eta datangna ti gusti Allah jeung kasalahan eta ti sim kuring pribadi. Sakali deui nyuhunkeun dihapunteun.

Tutut lain sembarang tutut
Tutut dicandak ti Cirangkong
Hitut lain sambarang hitut
Hitut gede siga bangkong

Saninten buah saninten
Dibawa ka parapatan
Hapunten abdi hapunten
Bilih aya kalepatan


Penulis: Alvani Misbah Wadih, member BIAS Education 2018, Editor: Anggun Putri.

 

 

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Anggun Putri Aminatulrobert Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
robert
Guest
robert

terima kasih infonya kakak, sangat membantu bagi anak rantauan