Jurus S(i)K(a)D Menghadapi SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS

0
267
Belajar di BIAS Education

“Kalau ada gula, ada semut. Kalau ada tes CPNS, ada SKD.”

Mungkin peribahasa ini yang cocok ya… Kalau tes CPNS pasti sudah akrab dengan kita kan ya? Iya, tes Calon Pegawai Negeri Sipil. Kalau bicara dengan pekerjaan ini pasti langsung banyak orang yang tertarik. Ehmm… gimana tidak tertarik, kalau setiap PNS mendapat gaji pokok, tunjangan, jaminan kesehatan, dan fasilitas yang memenuhi.

Tapi kalau SKD itu apa ya? SKD adalah Seleksi Kompetensi Dasar yang merupakan tahap kedua bagi peserta yang telah lulus seleksi pemberkasan. Tes pada tahap ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Materi yang diujikan pada SKD yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Materi Tes Wawasan Kebangsaan TWK meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (Sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, wawasan pengetahuan umum, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar). Sedangkan materi untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) ini mirip dengan TPA yang terdiri dari kemampuan verbal, numerik, dan penalaran.

Materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), meliputi tes integritas diri, semangat berprestasi, kreatifitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Jumlah seluruh soal adalah 100 butir dengan rincian, 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK. Waktu pengerjaan soal hanya 1,5 jam. Cukup singkat bukan? Nah di sini kita harus punya tips dan trik agar bisa memaksimalkan jawaban kita. Bingung mau tes? Yuk ke BIAS aja. Ada program baru lo… Yaitu SKD dengan durasi waktu 2 minggu. Per hari akan ada 3 kali pertemuan, jadi kita seperti digembleng agar terlatih mengerjakan soal. So.. buat apa pake mikir, yuk ke BIAS Education Kampung Inggris Pare.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of