3 Tips dan Trik Mengerjakan Soal Reading Comprehension

0
259
Sumber: kandhani.net

Hai gaes, kalian pernah ga sih merasa kesulitan saat membaca teks berbahasa Inggris? Tentu pernah ya, apalagi buat kalian yang akan menghadapi beragam ujian kompetensi bahasa Inggris, mulai dari TOEFL hingga IELTS. Tak hanya tes bahasa saja, buat kalian yang akan menjalani seleksi perguruan tinggi pun kudu siap-siap nih. Pasalnya, hampir semua ujian seleksi perguruan tinggi menyertakan soal reading comprehension lho! Nah, temen-temen yang mau tau apa sih reading comprehension itu dan gimana cara buat menaklukkannya, yuk dibaca.

Reading itu apa sih? Reading merupakan salah satu komponen penting dalam language skills (kemampuan berbahasa) yang seringkali dianggap sebagai kemampuan yang paling tinggi tingkatannya. Mengapa? Ternyata bukan tanpa alasan, karena memang reading skill membutuhkan kemampuan yang terintegrasi. Jadi, untuk dapat menguasai kemampuan yang satu ini, kita harus memperhatikan beberapa hal, seperti tipe teks, penggunaan bahasa, grammar, vocabulary, dan sebagainya.

Dalam SBMPTN maupun Ujian Mandiri lainnya,  kemampuan yang lebih ditekankan adalah reading comprehension atau pemahaman dalam membaca.. Meskipun membutuhkan kemampuan yang terintegrasi, kemampuan reading comprehension dapat ditingkatkan dengan beberapa hal:

1. Casual reading

Kebiasaan membaca seseorang akan mempengaruhi kemampuan membacanya. Semakin sering membaca, maka akan semakin mudah dan cepat dalam memahami sebuah bacaan. Biasakan untuk membaca, paling tidak satu artikel  bahasa Inggris dalam sehari. Tidak perlu memilih tema yang berat dan tinggi, namun pilihlah sesuai dengan kesukaan atau minat (bisa membaca artikel olahraga, musik, dll). Selain itu, membaca komik dan menonton film dengan subtitle bahasa Inggris pun dapat membantu. Jadi, yang terpenting adalah MEMBACA!!!

2. Belajar grammar dan vocabulary

Meskipun terfokus pada reading, ternyata grammar dan vocabulary juga sangat mempengaruhi kemampuan membaca seseorang. Paling tidak, kuasai materi basic grammar seperti part of speech, phrase, dan tenses. Untuk vocabulary, usahakan setiap hari menambah asupan vocab baru, bisa didapatkan dari casual reading yang dilakukan.

3. Reading comprehension excercises

Setelah melakukan kedua hal di atas, meningkatkan kemampuan reading juga perlu diuji dengan mengerjakan beberapa latihan soal. Semakin banyak mengetahui tipe soal dan bacaan, maka kemampuan membaca akan semakin familiar.

Nah, jika sudah melakukan ketiga hal tersebut, maka kemampuan membaca akan bisa meningkat. Akan tetapi masih ada satu hal penting yang perlu dilakukan dalam membaca, yakni FOKUS. Untuk menjaga agar tetap fokus, siapkan fisik dan dilarang MENGANTUK. Selamat membaca!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of