Tips mengerjakan soal tes UTBK Part 1: Penalaran Umum TPS

0
553
Bimbel SBMPTN terbaik di Kampung Inggris,
Bimbel SBMPTN terbaik di Kampung Inggris, BIAS Education

Hai Sobat Bias, di antara kalian pasti sudah ada yang melaksanakan tes UTBK gelombang pertama kan.

Walaupun sebagian sudah melaksanakan tes UTBK gelombang pertama, mimin tidak pantang meyerah nih untuk selalu memberikan tips-tips terbaik dalam menyelesaikan soal UTBK. Pada kesempatan sebelumnya, trik jitu sudah mimin sebar kepada sobat bias, sekarang saatnya mimin kasih tips yang lebih mendalam untuk menghadapi soal-soal TPS.

Berdasarkan curhatan beberapa sobat bias yang telah melaksanakan tes UTBK gelombang pertama, bagian pertama TPS mengarah pada jenis soal silogisme yang diintegrasikan dengan teks. Nah, soal jenis ini meminta sobat bias untuk menentukan jawaban yang paling mungkin berdasarkan teks yang dipaparkan, menentukan argumen yang melemahkan, dan menentukan simpulan. Semua jawaban akan kita temukan pada teks sehingga konsep yang harus dipakai untuk menghadapi soal ini adalah materi tentang wacana/paragraf, mudah bukan? Untuk mengingatkan sobat bias, mimin akan memberikan analogi terkait materi tersebut.

Paragraf Deduktif

Tips membaca kesimpulan dari bacaan soal SBMPTN UTBK
Tips membaca kesimpulan dari bacaan soal SBMPTN UTBK

Jawaban yang Paling Mungkin

Jawaban yang paling mungkin pasti berada pada kalimat utama, sebab kalimat utama mengandung gagasan setiap paragraf. Argumen pada setiap paragraf tertuang pada kalimat utama sehingga sobat bias bisa menemukan jawaban yang paling mungkin di sana. Namun, harus selalu diingat bahwa kalimat utama letaknya bisa berubah-ubah sesuai dengan jenis paragraf. Agar sobat bias tetap ingat, berikut ini macam-macam jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama: deduktif (kalimat utama berada di awal paragraf), induktif (kalimat utama berada di akhir paragraf), ineratif (kalimat utama berada di tengah paragraf), dan campuran (kalimat utama berada di awal dan akhir paragraf). Langkah yang perlu sobat bias lakukan untuk menghadapi soal seperti ini adalah menentukan kalimat utama terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan memahami isi kalimat utama. Apabila menggunakan analogi gambar di atas, jawaban akan ditemukan pada kalimat pertama.

Argumen yang Melemahkan

Setiap paragraf selalu terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Pada gambar di atas kalimat penjelas berada pada kalimat 2—5. Kalimat penjelas merupakan pendukung untuk kalimat utama. Akan tetapi, sobat bias harus tahu bahwa pada kalimat penjelas tidak semuanya akan mendukung penuh gagasan yang terdapat pada kalimat utama, terkadang kalimat penjelas juga akan melemahkan argumen yang dimunculkan pada kalimat utama. Oleh karena itu, untuk mencari argumen yang melemahkan, sobat bias jangan sampai salah alamat mencarinya di bagian kalimat utama. Argumen yang melemahkan akan kita temukan pada bagian kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan gagasan dalam kalimat utama.

Simpulan

Simpulan atau sering disebut dengan kesimpulan. Bagian tersebut secara umum terletak pada akhir setiap paragraf atau terletak secara menyeluruh di bagian-bagian kalimat yang terdapat pada paragraf tersebut. Oleh karena itu, sobat bias bisa menemukan simpulan dengan cara berikut: Langkah pertama, langsung mengarah pada bagian akhir paragraf dan mencocokan dengan opsi yang ada. Apabila sobat bias tidak menemukannya, maka langkah kedua adalah membaca keseluruhan teks dan menyimpulkan sendiri isi teks dengan tetap mencocokan dengan opsi yang ada.

Sekian dulu ya tips untuk TPS part 1, tunggu aja, part 2 dan part 3 akan segera muncul. Hehehe…

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of