Tips mengerjakan soal TPS UTBK Part 2: Pemahaman Bacaan dan Menulis

0
1587
peserta Tes UTBK
peserta Tes UTBK Lokasi Unsri. Sumber: https://intens.news

Apa kabar semuanya? semoga masih semangat ya..dan memang harus semangat untuk menggapai mimpi masuk perguruan tinggi impian perlu semangat ekstra dalam belajarnya. nah Sobat Bias pembahasan kali ini masih terkait tips mengerjakan soal TPS UTBK yang melanjutkan dari Part 1, bagi Sobat Bias yang belum membaca pembahasan Tips mengerjakan soal tes UTBK Part 1: Penalaran Umum TPS, silakan dibaca dulu ya…

Sesuai dengan judul yang diambil langsung dari kisi-kisi keluaran LTMPT, bagian ke-2 TPS akan menguji ketangkasan Sobat Bias dalam hal pemahaman bacaan dan menulis. Keterampilan tersebut sering Sobat Bias lakukan ketika belajar matapelajaran Bahasa Indonesia. Beberapa curhatan Sobat Bias pun menyebutkan bahwa pada bagian ini kalian akan diminta untuk mengotak-atik teks yang disertakan sebagai bacaan.

Permintaan yang muncul pada bagian ini adalah mengurangi kalimat yang tidak penting pada teks yang disajikan dan menambahkan kalimat pada bagian yang rumpang. Berdasarkan teori pada matapelajaran Bahasa Indonesia memang menyatakan bahwa pemahaman untuk keterampilan membaca dapat dilakukan dengan cara menemukan bagian yang tidak penting dalam teks, sedangkan pemahaman untuk keterampilan menulis dapat dilakukan dengan cara melengkapi bagian yang rumpang pada teks. Contoh penyelesaian kedua hal tersebut adalah sebagai berikut.

Mengurangi Kalimat yang Tidak Penting pada Teks

Memahami bacaan soal TPS UTBK
Memahami bacaan soal TPS UTBK.
Sumber: UTUL UGM 2018

Inti masing-masing kalimat

Kalimat 1: Hak asasi manusia adalah hak dasar anugrah dari Tuhan.

Kalimat 2: Mengulang informasi kalimat 1 dengan penanda “Ini berarti bahwa …”

Kalimat 3: Hak asasi tidak dapat dicabut

Kalimat 4: HAM tidak dapat dilaksamakan secara mutlak

Kalimat 5: Mengutamakan hak pribadi dengan mengabaikan hak orang lain

Kalimat 6: Hak asasi salaing berbatasan

Kalimat yang dapat dihapus tanpa menurangi informasi adalah kalimat 2. Pada kalimat 2 informasi yang disampaikan bersifat mengulangi informasi pada kalimat 1. Selain itu, penanda transisi yang terletak pada awal kalimat 2 menjadi bukti rujukan untuk informasi pada kalimat 1. Setiap kalimat memiliki inti informasi yang disampaikan, kecuali kalimat 2.

Menambahkan Kalimat pada Bagian yang Rumpang

Menambahkan kalimat pada bagian yang rumpang ditemui oleh beberapa Sobat Bias ketika mengerjakan TPS part 2. Sebenarnya, konsep dari jenis soal ini sudah sering kalian temukan sejak kalian berada di tingkat SMA, yaitu pada materi teks prosedur. Acap kali soal-soal jenis ini dimunculkan pada teks prosedur dengan cara menghilangkan salah satu bagian dari prosedur yang sudah ada, kemudian kalian diminta untuk memilih opsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan bagian yang rumpang. Kalian akan lebih mudah memilih opsi yang tepat jika memegang tiga hal berikut, yaitu (1) keruntutan informasi, (2) ketepatan unsur yang dibahas, dan (3) kelogisan kalimat.

Contoh Soal melengkapi teks bacaan tes TPS UTBK
Contoh Soal melengkapi teks bacaan tes TPS UTBK

Opsi A adalah jawaban untuk soal di atas, sebab opsi A memenuhi ketiga persyaratan, yaitu keruntunturan informasi (kalimat 1 berisi tentang pot, kalimat 3 berisi tentang media tanam, kalimat 4 berisi tentang penanaman, sedangkan bibit anggrek belum dimunculkan sama sekali). Ketepatan unsur yang dibahas (unsur utama yang dibahas pada teks di atas adalah menanam anggrek sehingga bibit anggrek harus dimunculkan), dan kelogisan kalimat (pada opsi yang ada, ketidaklogisan kalimat terletak pada opsi C dan E karena mengandung unsur yang tidak pasti).

Oke Sobat Bias… walaupun soal pada TPS UTBK tidak sesederhana contoh yang diberikan, minimal Sobat Bias akan mengerti apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan dua jenis soal di atas. Tunggu part 3 terbit yaaa…

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of