Tips Mengerjakan Soal UTBK Part 3: Bahasa

0
250
peserta tes mengerjakan soal tps utbk sbmptn
peserta tes mengerjakan soal tps utbk sbmptn

Hallo sobat bias semuanya, nih lanjutan dari pembahasan sebelumnya untuk tips mengerjakan soal tps dalam UTBK, kali ini bahasannya mengenai Bahasa.

Bagi sobat bias yang berharap di part 3 akan membahas soal-soal Bahasa Inggris, mimin minta maaf ya… karena pembahasan di part 3 hanya akan dibatasi untuk soal Bahasa Indonesia saja. Lain kali deh, kalau mimin udah pinter Bahasa Ingris kayak kalian, mimin akan mencoba membuat bahasan tentang matapelajaran Bahasa Inggris. Hehehe…

Apabila dibandingkan dengan part 1 dan part 2, pada bagian ini jauh lebih mudah lo…

Berdasarkan data dari sobat bias yang berbagi pengalaman mengenai soal tps pada tes UTBK gelombang 1 dengan mimin, banyak yang menyatakan bahwa kata baku dan konjungsi muncul pada soal di bagian 3. Mendasar banget memang, pada soal-soal SBMPTN Mapel Bahasa Indonesia tahun 2018, jenis soal seperti ini juga muncul dan cenderung mudah dijawab. Contohnya adalah sebagai berikut.

Contoh soal kata baku pada TPS UTBK:

Contoh soal kata baku pada TPS UTBK
Contoh soal kata baku pada TPS UTBK

Contoh soal konjungsi pada TPS UTBK:

Contoh soal konjungsi pada TPS UTBK
Contoh soal konjungsi pada TPS UTBK

Soal-soal yang berkaitan dengan kata baku dan peletakan konjungsi memang tidak memiliki trik khusus dalam pengerjaannya sehingga mimin tidak bisa membantu banyak nih, melainkan sobat bias harus berusaha hafal di luar kepala dengan materi-materi ini. Etttsss, tunggu dulu, berikut ini ada sedikit bonus buat kalian mengenai trik pengerjaan soal Bahasa Indonesia. Disimak ya!

  1. Untuk mencari ide pokok, kalian cukup menentukan kalimat utama dari paragraf tersebut, sebab ide pokok terletak pada kalimat utama.
  2. Untuk menentukan kalimat inti, kalian cukup mengidentifikasi Subjek+Predikat+Objek pada kalimat yang diminta.
  3. Untuk menentukan simpulan ada dua cara yang bisa kalian lakukan, apabila bentuk paragraf deduktif maka simpulan berada di kalimat terakhir. Apabila bentuk paragraf induktif maka simpulan terletak menyebar di seluruh bagian teks sehingga kalian harus membaca secara keseleruhan dan meringkas sendiri.
  4. Berbeda dengan soal-soal yang berkaitan dengan ejaan, tanda baca, serapan, kata baku, dan peletakan konjungsi, pada soal-soal tersebut kalian harus mengahafalnya.

Demikian penejalasan kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat bias tercinta…

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of