Apa itu TPA (Tes Potensi Akademik) ??? Yukkk… Pelajari Sekalian di Kampung Inggris Pare

0
1895
suasana belajar di BIAS Education

TPA itu apa sih? Lagi viral ya TPA? Tesnya seperti apa sih?

Udah ya nggak perlu basa-basi, yuk kita bahas bersama.

TPA atau Tes Potesial Akademik yaitu tes psikologi untuk mengukur seberapa jauh kemampuan yang telah ditangkap secara intelektual.  Jadi, TPA memiliki kaitan yang erat dengan intelektual seseorang. Umumnya, TPA meliputi tes persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), analogi, deret angka/huruf, logika angka, aritmatika, penalaran, logika, dan spasial. Duh banyak ya?  hehe iya banyak,  tapi kalau kita sudah siap, sesulit apapun bentuknya dan bagaimanapun soalnya pasti aman kok.

Mau menghindari TPA? Eits, TPA tidak hanya digunakan  untuk main-main lo… Tes yang satu ini menjadi syarat wajib untuk seleksi tes TNI/POLRI, masuk kerja swasta/BUMN, kenaikan jabatan, masuk perguruan tinggi S1/S2/S3 dan  seleksi beasiswa. Contohnya saja, tahun ini, LPDP memasukkan tes ini ke dalam salah satu tahap seleksi.  Perlu diketahui bahwa tingkat kesulitan soal TPA berbeda-beda.

Pada tulisan ini, saya akan menjelaskan lebih detail  tes TPA OTO Bappenas. Tes TPA ini diselenggarakan resmi oleh pihak Koperasi Bapennas. Sertifikat TPA OTO Bappenas sering digunakan untuk masuk perguruan tinggi S2 atau S3. Soal TPA Bappenas itu sendiri terdiri dari 250 soal dengan waktu pengerjaan 3 jam. Soal dibagi dalam subtes, yaitu kemampuan verbal (90 soal), numerik (90 soal), dan penalaran (70 soal). Per subtes dikerjakan dalam waktu 60 menit. Cukup singkat bukan waktunya? Hehe…

Sumber: dokumen BIAS
Contoh buku latihan soal-soal TPA, sumber: dokumen BIAS

Baik, kita mulai bahas ya.. per subtes. Subtes pertama yaitu kemampuan verbal yang terdiri dari tes persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), analogi dan pemahaman wacana. Bagian ini, tidak banyak trik khusus karena pada sesi ini lebih cenderung memaksa kita untuk menghafalkan. Semakin banyak kita menghafal semakin banyak kata yang kita ketahui. Lanjut, untuk subtes yang kedua adalah tes numerik yang terdiri dari tes deret angka/huruf, logika angka, dan aritmatika. Mungkin kebanyakan orang sering mengeluh pada bagian ini. Iya, karena memang pada sesi ini kita yang dari berbagai macam background dipaksa untuk bisa menggunakan kemampuan berhitung kita dengan baik. Tapi tidak perlu khawatir ya, karena di sini banyak tips dan trik untuk mengupas 90 soal dalam 60 menit.

Subtes yang ketiga yaitu penalaran yang terdiri dari soal cerita penalaran, membentuk jaring-jaring bangun ruang, dan tes spasial. Pada tes ini diperlukan pembiasaan mengimajinasi bentuk dan memahami cerita. Saran untuk tahap ini adalah perbanyak mengerjakan soal saja. Karena apa??? Semakin banyak megetahui jenis soal, kalian akan semakin terbiasa menyelesaikan soal-soal dengan mudah.

Ehm, kayaknya sudah panjang lebar ya saya mejelaskan tentang TPA di sini. Intinya tes ini fungsinya banyak sekali, masih nggak mau belajar TPA? Atau masih malas karena nggak ada yang ndampingin? Diperjelas ya ini pendamping belajar , hehe. Tenang deh, di BIAS Education Kampung Inggris Pare ada program khusus yang digunakan untuk memahami dan menyelesaikan soal TPA. Kalian yang sekarang sudah di Kampung Inggris, yuk manfaatin waktu untuk belajar TPA juga!!!!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of