UTBK 2020 Dimajukan

0
1789
Suasana belajar di lingkungan Bias Education. Sumber Bias Edu

Pelaksanaan UTBK tahun ini telah selesai dilaksanakan, untuk sobat Bias yang belum beruntung, jangan khawatir, Menristekdikti, Mohamad Nasir, mewacanakan bahwa utbk tahun 2020 akan dilaksanakan di bulan november tahun ini. Inget ya, masih diwacanakan.

Mungkin sobat Bias masih bertanya-tanya, kenapa sih UTBK nya dimajukan?

Menurut Menristekdikti langkah ini dilakukan sebagai antisipasi banyak pelajar yang berprestasi memilih kuliah di luar negeri. Umumnya seleksi masuk kampus di luar negeri dilaksanakan pada bulan desember.

Rencana ini jangan membuat sobat Bias bingung. Bagi sobat Bias yang akan lulus SMA, setidaknya ada persiapan lebih banyak untuk belajar dan mempersiapkan diri.

Lalu, untuk yang kemaren belum beruntung bagaimana?

Bukan saatnya bengong atau bingung. Tetapi, bertanya “apa yang harus saya lakukan?”

Dari kami menyarankan tiga langkah antisipasi untuk dilaksanakan.

Yang pertama, Jangan khawatir dan tetap tenang. Ini sangat penting loh sobat Bias. Kalau lagi khawatir dan bingung, pikiran akan susah untuk konsentrasi, jadinya sulit untuk berpikir dengan jernih.

Kedua, menata persiapan yang lebih matang lagi. Mengevaluasi persiapan yang kemaren, sudah maksimalkah? Atau kemaren belajarnya hanya sekedar saja?

Ketiga, mempelajari bentuk soal yang diujikan kemaren. Setidaknya ada gambaran bentuk soal yang pernah di ujikan di UTBK. Tetapi, yang perlu sobat Bias perhatikan adalah bukan berarti soalnya sama ya. Bisa setipe, sama atau bahkan beda.

Soal – soal tersebut dipakai sebagai gambaran awal saja, bisa jadi soalnya kembali seperti soal yang sebelum-sebelumnya.

Terakhir, kapan pun waktu ujian UTBK dilaksanakan, kalau persiapannya matang, ngapain bimbang? Iya kan?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of